Blog

04 Oct
0

Perjanjian Kinerja Biro Pengadaan Barang dan Jasa Tahun 2021

Perjanjian Kinerja Tahun 2021

Read More
10 Apr
0

Rapat Koordinasi Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumatera Utara

 

Pertama-tama marilah kita UCAPKAN puji dan syukur kehadirat ALLAH SWT Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada kita, sehingga pada hari ini kita dapat hadir pada acara RAPAT KOORDINASI UKPBJ KABUPATEN/KOTA SE-PROVINSI SUMATERA UTARA.

Pada saat ini pengadaan barang/jasa merupakan bidang yang terus berkembang dan semakin strategis posisinya, baik di dalam pemerintahan maupun di sektor lain di luar pemerintahan. Hal tersebut dikarenakan bidang pengadaan barang/jasa merupakan bidang yang mampu memberikan efisiensi yang cukup signifikan bagi sistem keuangan.

UNIT KERJA PENGADAAN BARANG/JASA YANG SELANJUTNYA DISINGKAT UKPBJ ADALAH UNIT KERJA DI KEMENTERIAN/LEMBAGA/PEMERINTAH DAERAH YANG MENJADI PUSAT KEUNGGULAN PENGADAAN BARANG/JASA.

pengadaan barang/jasa memberikan standar mutu dalam program pengembangan/penguatan kelembagaan UKPBJ di lingkungan pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota.

UKPBJ MERUPAKAN UNIT KERJA YANG MEMPUNYAI KARAKTER STRATEGIS, KOLABORATIF, BERORIENTASI PADA KINERJA, PROAKTIF DAN MAMPU MELAKUKAN PERBAIKAN BERKELANJUTAN SEHINGGA MERUPAKAN PENDORONG DALAM PENCIPTAAN NILAI TAMBAH DAN MANFAAT DALAM KEGIATAN PENGADAAN BARANG/JASA DI SUMATERA UTARA.

PERATURAN PRESIDEN NOMOR 16 TAHUN 2018 TENTANG PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH MENGAMANATKAN BAHWA UNIT KERJA PENGADAAN BARANG/JASA (UKPBJ) BERBENTUK STRUKTURAL YANG MEMILIKI FUNGSI PENGELOLAAN PENGADAAN BARANG/JASA, PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI SECARA ELEKTRONIK, PEMBINAAN KELEMBAGAAN DAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) PENGADAAN, PEMBERIAN BIMBINGAN TEKNIS DAN ADVOKASI PENGADAAN BARANG/JASA.

PERATURAN LEMBAGA KEBIJAKAN PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 5 TAHUN 2019 TENTANG MODEL PENGUKURAN TINGKAT KEMATANGAN UNIT KERJA PENGADAAN BARANG/JASA MENERAPKAN MODEL TINGKAT KEMATANGAN YANG MENJADI ALAT UKUR PERBAIKAN YANG TELAH DILAKUKAN SEKALIGUS SEBAGAI PANDUAN BAGI UKPBJ DALAM UPAYA PERBAIKAN BERIKUTNYA. KEMATANGAN ORGANISASI PENGADAAN MERUPAKAN SALAH SATU INDIKATOR KEBERHASILAN DALAM PENGEMBANGAN SISTEM PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH YANG EFISIEN DAN BEBAS KORUPSI. KEMATANGAN ORGANISASI PENGADAAN MERUPAKAN SALAH SATU AGENDA DALAM RENCANA KEMATANGAN UNIT KERJA PENGADAAN BARANG/JASA AGAR DAPAT TERCAPAI DAN DAPAT MENINGKATKAN LEVEL KEMATANGAN UKPBJ MENJADI UKPBJ PROAKTIF, SEHINGGA PENYELENGGARAAN PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH DI PROVINSI SUMATERA UTARA DAPAT LEBIH BAIK, LEBIH HANDAL, BERKUALITAS DAN PROFESIONAL DEMI MEWUJUDKAN VISI DAN MISI GUBERNUR SUMATERA UTARA UNTUK SUMUT YANG BERMARTABAT.

DIHARAPKAN ADANYA PERLUASAN PERAN PENGADAAN BARANG/JASA TIDAK SAJA TERBATAS SEBAGAI PENYELENGGARA PROSES PEMILIHAN PENYEDIA, NAMUM MAMPU MENJADI PEMBINA STAKEHOLDER DAN SEBAGAI PUSAT INFORMASI PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH.

Saya mengucapkan terima kasih kepada narasumber dan seluruh peserta atas kesediaannya meluangkan waktu untuk berkenan hadir pada pelaksanaan kegiatan RAPAT KOORDINASI UKPBJ KABUPATEN/KOTA SE-PROVINSI SUMATERA UTARA, semoga kerjasama yang baik ini akan dapat terjalin terus secara berkesinambungan.

Demikian beberapa pesan dan harapan yang dapat saya sampaikan, kiranya kegiatan sosialisasi ini berjalan sebagaimana yang kita harapkan.

 

 

Read More
09 Apr
0

Tinjau Lokasi Longsor Di Kawasan PLTA Batangtoru Gubernur Edy Rahmayadi Minta Evakuasi Korban Dilakukan Secara Optimal dan terpadu

TAPSEL

Gubernur Sumatra Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama rombongan melakukan peninjauan ke lokasi longsor di kawasan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batangtoru, Desa Marancar Godang, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Minggu (2/5).

 

Turut dan dalam peninjauan tersebut, antara lain, Pangdam I / Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanudin, Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak dan Kepala Badan Intelijen Negara (Kabinda) Sumut Brigjen TNI Asep Jauhari Puja Laksana, dan Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut M Mahfullah Pratama Daulay.

 

Pada kesempatan itu, Gubernur Edy Rahmayadi meminta upaya upaya evakuasi korban yang dilakukan lebih optimal dan terpadu, dengan mengerahkan seluruh potensi yang ada dan melibatkan berbagai pihak yang terkait. Namun tetap memperhatikan keselamatan, karena kondisi bencana masih rawan.

 

“Evakuasi korban harus kita lakukan lebih optimal dan terpadu, dengan harapan seluruh korban dapat segera diselesaikan seluruhnya,” ujar Gubernur Edy Rahmayadi.

 

Diketahui, bencana alam banjir dan longsor melanda kawasan proyek PLTA Batangtoru, Desa Marancar Godang, Kecamatan Batangtoru, Kamis (29/4). Diperkirakan 13 orang hilang dalam peristiwa itu. Dari jumlah tersebut, hingga Minggu (2/5) siang, sudah ditemukan 5 korban meninggal dunia.

 

Gubernur juga meminta agar BPBD yang tidak terkait tetap bersinergi dalam melakukan penyelamatan, dengan menggunakan alat-alat pendukung yang ada secara maksimal. “Upaya pencarian korban akan terus dilakukan. Dan dalam kondisi berpuasa agar kita tetap bersabar dan tawakal, ”ungkap Edy Rahmayadi, yang kemudian memimpin doa bersama untuk keselamatan korban dan petugas dalam upaya evakuasi tersebut.

Sementara itu, Plt Kepala BPBD Sumut M Mahfullah Pratama Daulay menyampaikan laporan kepada Gubernur Sumut terkait kondisi terkini proses evakuasi korban banjir dan longsor tersebut. “Kita akan melaporkan segala perkembangan yang terjadi kepada Bapak Gubernur. Dan terhadap korban yang ditemukan segera menelepon, ”” ujarnya.

 

Terkait kronologis banjir dan longsor tersebut, BPBD Sumut menyebutkan, Kamis (29/4) sekitar pukul 14.00 WIB, terjadi hujan deras dengan intesitas tinggi, angin kencang. Kemudian pukul sekitar pukul 18.00, terjadi banjir lumpur dan tanah longsor di kawasan proyek PLTA Batangtoru, Desa Marancar Godang, Kecamatan Batangtoru. Penanganan telah dilakukan secara terpadu, BPBD Provinsi Sumut, Kodim 0212, Polres Tapsel, BPBD Tapsel, Dinas Sosial dan Kansar Meda, serta berbagai pihak terkait lainnya. ** (DISKOMINFO SUMUT)

Read More
19 Nov
0

Jokowi Minta Perubahan Fundamental Pengadaan Barang

 

MEDAN – Berdasarkan data dan informasi dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), realisasi belanja pengadaan barang dan jasa negara hingga 9 November 2020 belum mencapai 50%. Untuk itu, LKPP diminta melakukan terobosan dan transformasi 100% menuju e-Government atau pemerintahan berbasis elektornik.

Hal ini disampaikan Presiden RI Joko Widodo saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah 2020, Rabu (18/11), secara virtual. Turut hadir secara virtual mengikuti Rakornas, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dari Rumah Dinas Gubernur Jalan Sudirman Nomor 41 Medan.

“Sudah saatnya perubahan fundamental dalam sistem pengadaan barang dan jasa. Bukan hanya sistem yang cepat, transparan dan akuntabel, tetapi juga meningkatkan value for money dan memberikan manfaat sebesar-besarnya pada masyarakat. Manfaatkan teknologi olah data agar lebih cepat seperti data analytic, cognitive computing, artificial intellegence, blockchain, sebagai bantuan untuk memonitor nilai realisasi dan transaksi real time,” terang Jokowi.

Dengan teknologi real time, lanjut Jokowi, akan memudahkan untuk memantau instansi mana saja yang belum mencapai target. Bagi yang realisasinya masih rendah, segera diberikan peringatan. Berikutnya, Jokowi juga menegaskan untuk memprioritaskan pembelian produk UMKM. LKPP harus aktif memasukkan produk-produk UMKM yang memenuhi syarat dalam e-Katalog, serta selalu melibatkan UMKM untuk memenuhi rantai pasokan.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi usai mengikuti Rakornas Pengadaan 2020 sepakat transformasi digital saat ini perlu menjadi suatu keharusan sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan pemerintahan yang transparan, akuntabel dan sarat dengan kecepatan. “Namun, hal ini juga harus dibarengi dengan mempersiapkan SDM yang melek digital,” katanya.

Perihal pengadaan barang/jasa, Edy berpesan kepada seluruh OPD bahwa tahapan perencanaan dan penganggaran merupakan tahapan yang sangat strategis, sehingga perlu perhatian khusus agar menyusun rencana pengadaan secara baik dan mengumumkan rencana umum pengadaan sebelum tahun anggaran berjalan.

“Di masa mendatang, pengadaan barang/jasa dan realisasi kita harus senantiasa lebih baik. Belanja pemeritah tentunya akan berdampak pada bergeraknya aktivitas ekonomi, pembangunan dan pada akhirnya menyentuh dan dinikmati masyarakat,” tuturnya.

Read More
19 Oct
0

Pengumuman Peningkatan Keamanan Data Center LKPP

Read More
19 Oct
0

Pemberitahuan Pemeliharaan SIKaP LKPP

Nomor : 6047/D.2.3/03/2021 Pemberitahuan-Pemeliharaan-SIKaP-LKPP Download
Read More
19 Oct
0

Image Slideshow Post

Sed porttitor lectus nibh. Nulla porttitor accumsan tincidunt. Vivamus suscipit tortor eget felis porttitor volutpat. Sed porttitor lectus nibh. Nulla porttitor accumsan tincidunt. Proin eget tortor risus. Pellentesque in ipsum id orci porta dapibus. Vivamus suscipit tortor eget felis porttitor volutpat. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Donec rutrum congue leo eget malesuada.Sed porttitor lectus nibh. Nulla porttitor accumsan tincidunt. Vivamus suscipit tortor eget felis porttitor volutpat. Sed porttitor lectus nibh. Nulla porttitor accumsan tincidunt. Proin eget tortor risus. Pellentesque in ipsum id orci porta dapibus. Vivamus suscipit tortor eget felis porttitor volutpat. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Donec rutrum congue leo eget malesuada.

Read More
19 Oct
0

Audio Post

Praesent sapien massa, convallis a pellentesque nec, egestas non nisi. Nulla porttitor accumsan tincidunt. Quisque velit nisi, pretium ut lacinia in, elementum id enim. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sed porttitor lectus nibh. Pellentesque in ipsum id orci porta dapibus. Donec rutrum congue leo eget malesuada. Praesent sapien massa, convallis a pellentesque nec, egestas non nisi. Curabitur non nulla sit amet nisl tempus convallis quis ac lectus. Nulla porttitor accumsan tincidunt.

Read More
19 Oct
0

Vimeo Video Post

Praesent sapien massa, convallis a pellentesque nec, egestas non nisi. Cras ultricies ligula sed magna dictum porta. Vestibulum ante ipsum primis in faucibus orci luctus et ultrices posuere cubilia Curae; Donec velit neque, auctor sit amet aliquam vel, ullamcorper sit amet ligula. Quisque velit nisi, pretium ut lacinia in, elementum id enim. Nulla quis lorem ut libero malesuada feugiat. Curabitur arcu erat, accumsan id imperdiet et, porttitor at sem. Cras ultricies ligula sed magna dictum porta. Cras ultricies ligula sed magna dictum porta. Quisque velit nisi, pretium ut lacinia in, elementum id enim. Nulla porttitor accumsan tincidunt.

Read More